[Semester Genap 2019-2020] / Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan - Faculty of Fishery and Marine Science
Praktikum Marine Toxin
Ali DjunaediAgus SabdonoDr. Mada Triandala Sibero (FPIK-Ilmu Kelautan)Ervia Yudiati

Praktikum Marine Toxin

Praktikum ini berisi teori dan praktek mengenai Keselamatan kerja laboratorium, instrument laboratorium marine toxin, ekstraksi mikro dan makroalga, pemekatan ekstrak, pemisahan dan identifikasi senyawa berdasarkan nilai Rf, melakukan uji BSLT, menghitung LC50, Presentasi hasil praktikum serta Tugas mandiri


Stock Assessment Kelas C
Ambariyanto Robertus Triaji Mahendrajayadiah permata Wijayanti

Stock Assessment Kelas C

Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang, alat-alat tangkap, jenis sumberdaya perikanan dan kelautan,  definisi dan perhitungan stock ikan, recruitment, mortalitas, serta upaya untuk melestarikan, sumberdaya biota laut dengan cara menetapkan tingkat eksploitasi yang optimal dan lestari (MSY).

PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KELAS A dan B
Wilis Ari SetyatiAli DjunaediDelianis PringgeniesAgus SabdonoDr. Mada Triandala Sibero (FPIK-Ilmu Kelautan)

PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KELAS A dan B

Praktikum ini berisi teori dan praktek mengenai Keselamatan kerja laboratorium, instrument laboratorium bioteknologi, ekstraksi DNA, Elektroforesis dan PCR DNA, Analisis sekuens  nukleotida dan Editing, DNA finger print

Gene bank dan mining gen, Molecular Evolutionary Genetic Analysis,Presentasi hasil praktikum serta Tugas mandiri


Pengantar Ilmu Ekonomi Kls B
Agus Anugroho Dwi Suryoputro Baskoro RochaddiNur Taufiq-SpjDian Wijayanto

Pengantar Ilmu Ekonomi Kls B

Pengantar Ilmu Ekonomi Kelas B
Pengertian Ilmu Ekonomi, Pembagian dan Konsep Dasarnya
Tim Pengampu
Ir. Agus Anugroho Dwi Suryoputro M.Si.
Ir. Baskoro Rochaddi M.T.
Dr. Dian Wijayanto S.Pi., M.M., M.S.E.
Ir. Nur Taufiq Syamsudin Putra Jaya M.App.Sc.

EKOTOKSIKOLOGI
Wilis Ari SetyatiDelianis PringgeniesBambang Yulianto

EKOTOKSIKOLOGI

Kuliah dimulai dengan mengetengahkan konsep-konsep fundamental yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah itu Toksikologi dan apakah itu Ekotoksikologi. Selanjutnya konsep mengenai Toksikan, Toksin, Racun dan Toksisitas. Prinsip-prinsip area pembelajaran ekotoksikologi dipandang dari ranah tingkat habitat dan ranah tingkat organisme.

Topik-topik yang  dijelaskan didalam mata kuliah ini adalah berbagai jenis bahan toksikan, kemampuan toksisitas bahan toksikan, intoksikasi organisme oleh bahan toksikan, kontak dengan toksikan, pemaparan oleh toksikan (exposure), bermacam dampak (efek), efek akut, efek kronis, uji toksisitas akut, dan uji toksisitas kronis, uraian beberapa jenis toksikan (logam berat, hidrokarbon, pestisida), dan toksikokinetika.

Beberapa studi kasus akan dipakai untuk melengkapi wawasan terhadap kejadian besar toksikologi lingkungan yang memacu timbulnya dampak terhadap kehidupan organism dalam suatu lingkungan. Selain itu mahasiswa juga  Kuliah akan dilengkapi dengan praktikum di llaboratorium.

BAHAN HAYATI LAUT IK-C
Rini PramestiSri Sedjati

BAHAN HAYATI LAUT IK-C

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai macam bahan bioaktif dari biota laut. Diharapkan dengan penguasaan materi tersebut maka akan sangat mendukung untuk mencapai target lulusan sebagai peneliti organisme, lingkungan dan dinamika laut yang mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menjelaskan tentang karakteristik organisme, proses dan fenomena kimia, dan biologi laut. Lebih jauh disebutkan bahwa lulusan PS Ilmu Kelautan yang berperan sebagai peneliti mempunyai kompetensi khusus yaitu menguasai konsep bioteknologi untuk konservasi sumberdaya dan lingkungan laut.

Hidrolika Pantai
Warsito Atmodjo

Hidrolika Pantai

MATA KULIAH HIDROLIKA PANTAI BERISI TENTANG DESKRIPSI SIFAT FISIK PANTAI, JENIS SEDIMEN PANTAI, MEKANISME TRANSPOR SEDIMEN PANTAI, INFLUKS SEDIMEN  DAN  IMBANGAN SEDIMEN PANTAI,